Senin, 29 Juni 2009

Artikel Bubble Sort

Pengurutan Gelembung (Bubble Sort)

Pengurutan gelembung adalah algoritma pengurutan yang paling tua dan sederhana untuk diimplementasikan. Algoritma ini juga cukup mudah untuk dimengerti.
Metode sorting termudahDiberi nama “Bubble” karena proses pengurutan secara berangsur angsur bergerak/berpindah ke posisinya yang tepat, seperti gelembung yang keluar dari sebuah gelas bersoda.Bubble Sort mengurutkan data dengan cara membandingkan elemen sekarang dengan elemen berikutnya.Jika elemen sekarang lebih besar dari elemen berikutnya maka kedua elemen tersebut ditukar, jika pengurutan ascending.Jika elemen sekarang lebih kecil dari elemen berikutnya, maka kedua elemen tersebut ditukar, jika pengurutan descending.Algoritma ini seolah-olah menggeser satu per satu elemen dari kanan ke kiri atau kiri ke kanan, tergantung jenis pengurutannya. Ketika satu proses telah selesai, maka bubble sort akan mengulangi proses, demikian seterusnya. Kapan berhentinya? Bubble sort berhenti jika seluruh array telah diperiksa dan tidak ada pertukaran lagi yang bisa dilakukan, serta tercapai perurutan yang telah diinginkan.
Algoritma ini bekerja dengan cara membandingkan nilai tiap elemen dalam table dengan elemen setelahnya, dan menukar nilainya jika sesuai dengan kondisi yang diperlukan. Proses ini akan terus berulang hingga seluruh elemen dalam tabel telah diproses dan elemen dalam tabel telah terurut. Algoritma pengurutan gelembung ini adalah algoritma yang paling lamban dan tidak mangkus dibandingkan dengan algoritma pengurutan yang lain dalam penggunaan secara umum. Dalam kasus terbaik (yaitu list sudah terurut), kompleksitas algoritma pengurutan gelembung adalah O(n). Namun, untuk kasus umum, kompleksitas algoritma pengurutan gelembung adalah O(n2).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar